0

Banyak orang yang pingin bisnis online namun malas untuk membuat blog. Padahal blog merupakan investasi terpenting dalam bisnis online. Dengan memiliki blog berarti kita telah menyemai benih yang insyaAllah hasilnya bisa dipanen kemudian. Yuk Bikin Blog!

Blog Untuk Bisnis Online

Jika anda belum memiliki budget untuk sewa hosting dan beli domain, anda bisa menggunakan yang gratisan sepeti blogspot, wordpress, tumblr atau blogdetik, livejournal, dll. Eksen dululah yang penting. Jika kemudian sudah memiliki budget ada baiknya jika menggunakan layanan hosting berbayar.

Tentukan topik

Blog ini harus anda sesuaikan dengan kemampuan anda atau target pasar anda bidik. Paling enak adalah membuat blog yang sesuai dengan bidang yang kita kuasai terlebih bidang yang menjadi hobi. Karena dengan hoby biasanya seseorang memiliki passion yang lebih tinggi dalam menjalaninya dibanding jika menjalankan sesuatu yang kurang disukai, sehingga ngeblog menjadi terasa lebih mengasyikkan. Goal nya jika dari hobi itu kita bisa memperoleh manfaat secara ekonomi, SUNGGUH NIKMAT.
Jika saat ini anda hobi memelihara burung misalnya, tak ada salahnya anda bikin blog yang membahas tentang hobi anda. Sebagai contoh anda bisa bikin blog yang membahas tips merawat burung, cara penangkaran burung kenari, atau yang lainnya. Setelah blog anda ramai pengunjung baru anda bisa membisniskan blog anda, misalkan dengan menjual barang-barang yang behubungan dengan hobi pemeliharaan burung, ebook cara merawat burung, jadi reseler pakan burung, atau bisa juga anda bikin marketplace untuk jual beli burung piaraan.

Mulailah Menulis

Setelah anda menentukan topik yang menjadi blog anda, saatnya anda mengisi blog dengan tulisan yang bermanfaat untuk pembaca. Ini adalah sarana anda untuk memasarkan diri, branding anda, yang kalau dikelola dengan benar dan kosisten, suatu saat nanti bisa menjadi bisnis yang luar biasa. Tulisan yang bermanfaat adalah bagian dari “giving” yang sebenarnya bermanfaat juga buat diri kita.
Tulisan adalah bahan bakar sebuah blog, bahkan ada yang menyebut “content is king” karena memang yang pertama kali dilihat oleh pengujung ya artikelnya, biarpun desainnya kurang menarik tapi kalau postingan artikelnya sesuai dengan yang dicari oleh pembaca, mereka akan betah berlama-lama membaca blog anda. Dengan memilih topik blog yang anda kuasai tentunya anda tidak akan kesulitan dalam membuat tulisan untuk isi blog anda.

Jadwalkan Posting

Google sangat menyukai isi blog yang update. Update ini bisa dilakukan dengan menambah potingan yang baru. Untuk membuat blog menjadi dinamis “hidup” kita harus rajin-rajin menambah artikel blog kita. Masalahnya terkadang kita merasa buntu untuk menulis, ini masalah umum yang biasa dihadapi bloger, apalagi kalau pemula. Tenang saja, ada banyak solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kurangnya ide untuk artikel blog ini. Salah satunya adalah dengan menulis ulang artikel orang lain yang memiliki topik sama dengan kita. Menulis ulang ya. Ingat menulis ulang ya, bukan COPAS.

Mengubungkan Blog & Socmed

Menghubungkan blog dengan social media adalah salah satu cara efektif meningkatkan pengunjung blog. Sosial media adalah bagian penting dalam mempromosikan blog. Salah satu caranya adalah tulis alamat blog anda profil akun twitter dan facebook anda. Dengan begitu teman-teman di jejaring sosial anda mengetahui kalau anda punya blog. Selain itu updatan blog anda perlu diketahui oleh pengguna sosial media, agar trafik blog terus naik. Hal ini bisa dilakukan secara manual, misalkan dengan menambahkan url artikel baru anda di status FB maupun TL twitter. Namun untuk lebih efisiennya anda juga perlu menambahkan aplikasi yang memungkinkan setiap update dari blog anda otomatis akan ditampilkan dalam lini masa facebook dan twitter. Dengan begitu teman-teman anda bisa langsung membaca update tulisan anda, tanpa harus menambahkan secara manual. Selamat Ngeblog! [Ben Sholeh]
Salam Wirausaha!

Posting Komentar

 
Top