0

minyak kelapa

Minyak kelapa telah sangat populer. Mereka menawarkan banyak manfaat kesehatan serta tersedia secara luas.

Minyak ini juga memiliki manfaat serbaguna yang mungkin anda belum menyadarinya.

30 Manfaat Minyak Kelapa

Berikut ini adalah manfaat-manfaat minyak kelapa yang mengagumkan:

1. Perlindungan Dari Sinar Matahari

Banyak yang belum mengetahui manfaat minyak kelapa yang satu ini.

Minyak kelapa dapat melindungi kulit anda dari sinar ultraviolet sinar (UV) matahari, yang dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik coklat dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Bahkan, satu buah penelitian menemukan bahwa mereka menahan sekitar 20% dari sinar UV matahari. Namun tetap perlu diingat bahwa minyak kelapa tidak memberikan jumlah perlindungan yang sama dengan tabir surya konvensional, yang menahan sekitar 90% dari sinar UV.

Penelitan lain menyebutkan bahwa minyak kelapa memiliki sun protection factor (SPF) sebesar 7, dimana masih lebih rendah dari minimum yang disarankan untuk beberapa negara.

2. Meningkatkan Metabolisme Anda

Minyak kelapa mengandung trigliserida rantai medium. Ini adalah asam lemak yang cepat diserap dan dapat meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar.

Penelitian terkendali telah menunjukkan bahwa trigliserida rantai medium secara signifikan dapat meningkatkan tingkat metabolisme anda, setidaknya untuk sementara.

Satu penelitian menemukan bahwa, rata-rata 15-30 gram trigliserida rantai medium meningkatkan pengeluaran kalori sekitar 120 kalori selama periode 24 jam.

3. Masak Aman di Suhu Tinggi

Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi. Bahkan, sekitar 87% dari lemak merupakan lemak jenuh.

Fitur ini membuat salah satu lemak terbaik untuk memasak pada panas tinggi, termasuk menggoreng.

Lemak jenuh mempertahankan struktur mereka ketika dipanaskan sampai suhu tinggi, tidak seperti asam lemak tak jenuh ganda ditemukan dalam minyak sayur.

Minyak seperti jagung dan safflower diubah menjadi senyawa beracun bila dipanaskan. Ini mungkin memiliki efek yang merugikan pada kesehatan.

Tidak ada alasan untuk takut lemak jenuh dalam minyak kelapa. Studi baru menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan Kesehatan Gigi Anda

Manfaat minyak kelapa berikut ini juga menjadi salah satu yang tidak terduga.

Minyak kelapa dapat menjadi senjata ampuh melawan bakteri, termasuk Streptococcus mutans. Ini adalah bakteri di dalam mulut yang menyebabkan plak gigi, kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Dalam satu penelitian, berkumur dengan minyak kelapa selama 10 menit, akan mengurangi bakteri ini sama efektifnya dengan obat kumur antiseptik.

Dalam penelitian lain, berkumur setiap hari dengan minyak kelapa secara signifikan mengurangi peradangan dan plak pada remaja.

5. Meringankan Iritasi Kulit dan Eksim

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memperbaiki dermatitis dan gangguan kulit lainnya, layaknya minyak mineral dan pelembab konvensional lainnya.

Dalam sebuah studi dari anak-anak dengan eksim, 47% dari mereka yang diobati dengan minyak kelapa memiliki perbaikan yang cukup besar.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu manfaat minyak kelapa yang mengagumkan adalah kemampuannya meningkatkan fungsi otak.

Trigliserida rantai medium dalam minyak kelapa dipecah oleh hati dan berubah menjadi keton, yang dapat bertindak sebagai sumber energi alternatif untuk otak.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa trigliserida rantai medium memiliki manfaat mengesankan untuk gangguan otak, termasuk epilepsi dan Alzheimer.

Beberapa peneliti merekomendasikan menggunakan minyak kelapa sebagai sumber trigliserida rantai medium untuk meningkatkan produksi keton.

7. Membuat Mayones Sehat

Mayones komersial sering mengandung minyak kedelai, yang ditambahkan gula dan bahan-bahan tidak sehat lainnya.

Namun, sebetulnya mudah untuk membuat mayo anda sendiri dengan bahan-bahan yang lebih sehat, termasuk minyak kelapa atau minyak zaitun.

8. Melembabkan Kulit Anda

Minyak kelapa membuat pelembab yang indah untuk kaki, lengan dan siku. Anda dapat menggunakannya di wajah anda juga, meskipun hal ini tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki kulit sangat berminyak.

Hal ini juga dapat membantu memperbaiki tumit pecah-pecah. Cukup oleskan tipis ke tumit anda pada waktu tidur, mengenakan kaus kaki dan lanjutkan terus pada setiap malam sampai tumit menjadi halus.

9. Melawan Infeksi

Minyak kelapa murni memiliki sifat antibakteri kuat yang dapat membantu mengatasi infeksi.

Satu penelitian menemukan bahwa mereka membantu menghentikan pertumbuhan bakteri usus Clostridium difficile, umumnya dikenal sebagai “C. diff, “yang menyebabkan diare berat.

Mereka juga muncul untuk melawan beberapa bakteri lain dan ragi – efek ini telah dikaitkan dengan asam laurat, asam lemak utama dalam minyak kelapa.

10. Meningkatkan Kolesterol HDL (“Baik”) Anda

Minyak kelapa telah terbukti memperbaiki kadar kolesterol pada beberapa orang.

Namun, efeknya yang paling kuat dan paling konsisten adalah peningkatan kolesterol HDL, yang dikenal sebagai kolesterol “baik”.

Satu penelitian pada sekelompok wanita dengan obesitas abdominal menemukan bahwa kolesterol HDL meningkat setelah mengkonsumsi minyak kelapa. Sebaliknya, wanita yang mengkonsumsi minyak kedelai mengalami penurunan kolesterol HDL.

11. Memberikan Bantuan dari Gigitan dan Sengatan Serangga

Sifat anti-inflamasi minyak kelapa dapat membantu meringankan rasa sakit atau gatal akibat gigitan atau sengatan serangga. Ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi risiko infeksi.

Untuk mencobanya, oleskan secara lembut pada area gigitan dan tutup dengan perban.

12. Membuat Coklat Hitam Bebas Gula

Coklat hitam buatan rumahan adalah cara yang lezat untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari minyak kelapa.

Hanya ingat untuk menyimpannya di lemari es atau freezer, karena minyak kelapa meleleh pada suhu 24°C.

13. Mengurangi Lemak Perut

Minyak kelapa dapat membantu mengurangi lemak perut, dikenal juga sebagai lemak visceral, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian, pria obesitas kehilangan 1 inci (2,54 cm) dari lemak pinggang mereka dengan menambahkan 2 sendok makan (30 ml) minyak kelapa untuk diet mereka.

Penelitian lain mengamati wanita pada diet kalori terbatas. Mereka yang mengambil 2 sendok makan minyak kelapa per hari mengalami penurunan ukuran pinggang, sedangkan kelompok minyak kedelai memiliki sedikit peningkatan.

14. Melindungi Rambut Anda Dari Kerusakan

Masih sedikit orang yang mengetahui manfaat minyak kelapa yang satu ini, yaitu minyak kelapa dapat membantu menjaga rambut anda sehat.

Satu penelitian membandingkan efek dari minyak kelapa, minyak mineral dan minyak bunga matahari pada rambut.

Hanya minyak kelapa yang secara signifikan mengurangi protein yang hilang dari rambut bila diterapkan sebelum atau setelah keramas. Hasil ini berdampak baik pada rambut yang sehat maupun rusak.

Para peneliti menyimpulkan bahwa struktur unik asam laurat, asam lemak utama dalam minyak kelapa, dapat menembus batang rambut dengan cara dimana lemak lainnya tidak bisa.

15. Memijat Bayi Anda

Memijat bayi yang baru lahir dengan minyak kelapa telah ditunjukkan mampu mendukung pertumbuhan dan berat badan yang normal.

Satu penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa mungkin jenis terbaik dari minyak yang digunakan untuk tujuan ini.

Bayi prematur yang dipijat dengan minyak kelapa selama 30 hari mengalami kenaikan berat badan yang signifikan dibanding yang dipijat dengan minyak mineral untuk periode waktu yang sama.

16. Mengurangi Rasa Lapar dan Asupan Makanan

Trigliserida rantai medium dalam minyak kelapa dapat membantu mengurangi rasa lapar, yang mengarah pada penurunan langsung asupan kalori.

Dalam sebuah penelitian kecil, orang-orang yang menjalankan diet tinggi kandungan trigliserida rantai medium mengambil kalori lebih sedikit dan kehilangan lebih banyak berat badan daripada pria yang menjalankan diet dengan kandungan kecil trigliserida rantai medium.

17. Memperbaiki Penyembuhan Luka

Satu penelitian menemukan bahwa tikus luka yang diobati dengan minyak kelapa mengalami penurunan pada penanda inflamasi serta meningkatkan produksi kolagen, komponen utama dari kulit. Akibatnya, luka mereka sembuh jauh lebih cepat.

Untuk mempercepat penyembuhan luka ringan atau goresan, oleskan sedikit minyak kelapa langsung pada luka dan kemudian tutupi dengan perban.

18. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan dalam minyak kelapa murni dapat melindungi kesehatan tulang dengan menetralisir radikal bebas, yang berpotensi merusak sel-sel tulang.

Sebuah penelitian 6 minggu pada tikus menunjukkan bahwa kelompok yang menerima 8% kalori mereka dari minyak kelapa memiliki volume tulang lebih besar secara signifikan serta juga memperbaiki struktur tulang.

19. Membuat Anti Serangga yang Tidak Beracun

Beberapa minyak esensial dapat menjadi cara alami untuk membuat serangga pergi dan menghindarinya dari gigitan dan sengatan.

Namun, daripada menerapkan minyak ini langsung ke kulit anda, mereka harus dikombinasikan dengan minyak essensial.

Dalam satu penelitian, menggabungkan minyak esensial Thai dengan minyak kelapa memberikan lebih dari 98% perlindungan terhadap gigitan nyamuk tertentu.

20. Melawan Candida

Candida adalah jamur yang bertanggung jawab untuk infeksi, yang umumnya terjadi pada area tubuh yang lembab dan hangat seperti mulut atau vagina.

Penelitian tabung menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu melawan infeksi. Para peneliti menemukan bahwa minyak kelapa menjadi seefektif flukonazol, obat antijamur yang biasanya diresepkan untuk infeksi candida.

21. Menghapus Noda

Minyak kelapa dapat digunakan untuk menghilangkan noda, termasuk tumpahan di karpet dan furnitur.
Campurkan minyak kelapa dengan baking soda dengan perbandingan satu banding satu dan aduk menjadi pasta. Oleskan pada noda, tunggu 5 menit dan hapus.

22. Mengurangi Peradangan

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa memberikan efek anti inflamasi yang kuat.

Penelitian pada manusia menyimpulkan bahwa makan minyak kelapa dapat mengurangi penanda stres oksidatif dan peradangan, terutama bila dibandingkan dengan minyak tak jenuh.

23. Deodoran Alami

Keringat sendiri sebetulnya tidak berbau. Namun, bakteri yang hidup pada kulit anda dapat menghasilkan bau yang tidak diinginkan.

Sifat antibakteri yang kuat dari minyak kelapa menjadikannya deodoran alami yang tidak mengandung bahan kimia.

24. Sumber Energi Cepat

Minyak kelapa mengandung lemak yang disebut trigliserida rantai medium, yang dicerna berbeda dari trigliserida rantai panjang yang ditemukan di sebagian besar makanan.

Lemak ini diproses langsung dari usus ke hati, di mana mereka dapat digunakan sebagai sumber energi yang cepat yang tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

25. Menyembuhkan Kutikula

Minyak kelapa dapat digunakan untuk memperbaiki kutikula kasar anda, termasuk hangnails.

Cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada kutikula anda dan pijat selama beberapa saat. Lakukan ini beberapa kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

26. Meringankan Gejala Arthritis

Arthritis ditandai dengan nyeri dan imobilitas sendi akibat peradangan.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan yang disebut polifenol yang ditemukan dalam minyak kelapa mungkin dapat meringankan beberapa gejala arthritis.

Sebuah penelitian tikus yang menderita rematik menemukan bahwa pengobatan dengan polifenol dari minyak kelapa mengurangi pembengkakan dan beberapa penanda inflamasi.

27. Membuat Furnitur Kayu Anda Bersinar

Manfaat minyak kelapa juga termasuk dalam menjaga furnitur anda terlihat mengkilap dan terawat.

Selain membawa keindahan pada kayu alami, minyak kelapa juga bertindak sebagai penolak debu. Mereka juga memiliki aroma yang lembut dan menyenangkan, tidak seperti kebanyakan produk poles furnitur yang mengandung wewangian yang kuat.

28. Menghapus Makeup Mata

Minyak kelapa merupakan penghapus makeup mata yang lembut dan efektif. Dengan menggunakan kapas oleskan secara lembut sampai semua bekas riasan hilang.

29. Meningkatkan Kesehatan Hati

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa lemak jenuh dalam minyak kelapa dapat membantu melindungi hati dari kerusakan akibat alkohol atau paparan toksin.

Dalam sebuah penelitian, tikus yang diobati dengan minyak kelapa setelah terpapar senyawa beracun memiliki penurunan pada penanda inflamasi hati dan peningkatan aktivitas enzim hati yang menguntungkan.

30. Melembabkan Bibir Pecah-pecah

Minyak kelapa dapat menjadi pelembab bibir alami yang ideal. Mereka melembabkan bibir anda selama berjam-jam dan bahkan memberikan perlindungan dari sinar matahari.



Source link

Posting Komentar

 
Top