0

Hidup tanpa tujuan ibarat bermain bola tanpa gawang. Dalam permainan bola ada goal yang menjadi evaluasi kualitas permainan tim. Lalu apa tujuan hidup anda?
Banyak orang melakoni perannya, tapi tidak tahu arah hidup yang ingin dituju. Bila sesuatu hal buruk terjadi, mereka akan berdalih nasib tak berpihak padanya.
Tidak jarang seseorang baru menyadari tujuan hidupnya pada usia tua. Sangat disayangkan. Dalam Awaken The Giant Within, Tony Robin—motivator nomor 1 dunia—menyebut ini sebagai Syndrome Niagara. Banyak orang yang hanya mengikuti arus sehingga ia tidak memiliki kuasa atas dirinya, saat perahunya membentur batu, ia akan merasa frustrasi dan menyalahkan keadaan. Tiba saatnya ia menyadari bahwa perahu yang ia tumpangi sedikit lagi melintasi air terjun Niagara, ia akan kelimpungan untuk menyelamatkan diri. Berikut ini ada 4 cara yang bisa anda pakai untuk menetapkan tujuan hidup:

Pertama: Ketahui Keinginan Anda?

Tanyakan pada hati nurani, apa sebenarnya keinginan anda untuk beberapa tahun ke depan? Tidak ada salahnya anda bermimpi. Anda tidak perlu malu mengakuinya, lagipula, toh tidak ada biaya yang harus anda keluarkan untuk sekedar bermimpi. ;-)
Semua hal yang ada di dunia ini awalnya hanya sebuah mimpi yang kemudian disintesa menjadi sebuah ide yang dilanjutkan dengan aksi. Maka menjadi nyatalah mimpi-mimpi itu.

Kedua: Kumpulkan Informasi

Dengan mengumpulkan informasi, Anda bisa lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan?
Jika ada orang lain yang sudah berhasil melakukan yang Anda inginkan, belajarlah dari mereka. Lakukan apa yang mereka kerjakan!
Mengumpulkan informasi sama halnya kita menyiapakan peta dan bekal untuk tujuan kita. Pada proses ini setiap individu dituntut untuk belajar dari apa saja dan siapa saja; bisa dari kegagalan atau keberhasilan orang lain, dan juga bisa dari pengalaman diri.

Ketiga: Jangan Diam

Lakukan sesuatu dan secara terus menerus yang akan membawa Anda pada impian hidup yang diinginkan! Tidak mungkin seorang Thomas Alfa Edison, menemukan lampu pijar seandainya dia hanya berdiam diri dengan idenya. Dari ‘peta’ hidup yang anda dapatkan, dari informasi yang anda peroleh gunakan itu untuk bertindak bukan hanya merenunginya.

Keempat: Tingkatkan Kemampuan

Jika ada cara yang Anda lakukan terbukti efektif dan mendekatkan pada tujuan yang ingin dicapai, maka alangkah baiknya jika Anda berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan menambah kecepatan kinerja agar tujuan hidup Anda lebih cepat tercapai.
Jika keempat hal di atas Anda lakukan secara terus menerus tanpa lelah dan bosan, Insya-Allah Anda akan mendapatkan tujuan hidup yang diinginkan.
Anda ibaratnya adalah seorang "pemahat" atas gambaran kehidupan Anda sendiri. Dan seorang pemahat yang baik akan selalu memiliki "planning" terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Dalam hal ini, Anda pun hanya bisa sebesar dan sebahagia sebagaimana tujuan yang telah Anda tentukan. Oleh sebab itu, pahatlah diri Anda sebaik-baiknya!
Salam Sukses!

Posting Komentar

 
Top