0

manfaat buah anggur

Apakah buah anggur baik untuk anda? Ada beberapa kebingungan menyangkut nilai gizi dari buah anggur karena mereka tinggi kandungan gula alami. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa buah anggur dikemas dengan gizi kuat untuk memerangi berbagai penyakit termasuk obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kanker.

Makan buah anggur merupakan langkah yang benar ketika anda mencoba untuk meningkatkan asupan gizi anda. Apakah anda pernah mencoba menambahkan makanan sehat untuk diet anda, namun pada akhirnya anda jatuh kembali pada kebiasaan buruk? Menambahkan buah anggur untuk rencana diet anda merupakan hal yang mudah dan menyenangkan. Tidak hanya buah anggur mudah diperoleh, namun mereka juga lezat.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Dibawah ini kami telah merangkum beberapa manfaat buah anggur yang mengagumkan untuk kesehatan:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kepadatan energi didefinisikan sebagai jumlah kalori yang ditemukan dalam jumlah makanan yang sama. Ketika anda mencoba untuk menurunkan berat badan, anda harus mencari makanan dengan kepadatan energi yang rendah. Dengan cara ini, anda dapat mengisi perut anda dengan kalori yang lebih sedikit.

Memang benar bahwa buah anggur memiliki gula alami, tapi buah ini masih merupakan pilihan yang baik bagi orang-orang yang mencoba untuk menurunkan atau menjaga berat badan mereka karena buah anggur hanya memiliki 83 kalori untuk 1 porsi (kurang lebih 1 cangkir) dan dikemas dengan serat makanan.

2. Sumber Antioksidan

Salah satu manfaat buah anggur yang sangat penting adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan memberikan manfaat kesehatan yang kuat sekaligus melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Semua buah anggur menawarkan antioksidan namun anggur merah, ungu dan hitam memiliki banyak resveratrol dan flavonoid; dikenal karena sifat kuratif mereka.

Penelitian ilmiah belum menentukan komponen apa saja dalam buah anggur yang memberikan manfaat kesehatan, namun penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi buah anggur dengan peningkatan kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah dan pencegahan kanker.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah anggur adalah makanan yang baik untuk mereka yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jantungnya. Analisa menunjukkan bahwa resveratrol membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta mengurangi risiko penyakit jantung dan pembekuan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid secara alami memberikan sifat anti-inflamasi yang juga membantu menurunkan kerusakan LDL pada hewan percobaan. Meskipun penelitian ini tidak berkembang ke pengujian pada manusia, namun hasil awal cukup menjanjikan.

Penelitian ini juga mengungkapkan fakta bahwa sejumlah besar polifenol dalam buah anggur dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Selanjutnya, kalium dalam buah anggur memberikan manfaat untuk kesehatan jantung dengan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Mengendalikan Tekanan Darah

Apakah buah anggur baik untuk menjaga tekanan darah anda? Menurut University of Michigan, jawabannya adalah ya. Mereka menunjukkan bahwa buah anggur mengurangi tekanan darah pada tikus laboratorium yang diberi makan bubuk buah anggur merah, hijau dan hitam.

Tekanan darah yang terkendali berdampak pada fungsi jantung yang membaik. Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa flavonoid mungkin merupakan sumber yang dapat mencegah tekanan darah tinggi; namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan mekanisme yang tepat.

Sementara itu, kita telah memiliki informasi yang solid dan penting yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita, dimana kita tahu bahwa buah anggur mengandung zat kuat yang dapat membantu kita menjaga tekanan darah.

5. Pencegahan Kanker

Manfaat buah anggur yang tak kalah pentingnya adalah kemampuannya dalam mencegah kanker. Resveratrol tidak hanya bertindak sebagai antioksidan, tetapi juga sebagai agen anti-inflamasi. Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa resveratrol mencegah masalah kesehatan yang telah terbukti menyebabkan kanker.

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa penggunaan resveratrol benar-benar dapat memperlambat perkembangan sel kanker dan menghambat pembentukan tumor pada sel manusia. Studi lain menunjukkan bahwa resveratrol menyebabkan kehancuran sel kanker.

Adakah Beberapa Alternatif Untuk Mengganti Buah Anggur Segar?

Jika anda tidak bisa menemukan buah anggur segar di daerah anda, ada beberapa alternatif yang bisa menggantikan untuk tetap bisa mendapatkan manfaat buah anggur:

Kismis

Jika anda makan buah anggur karena kepadatan energinya yang rendah, maka kismis bukan pilihan yang baik untuk anda karena satu cangkir kismis memiliki sekitar 495 kalori.

Kismis memiliki banyak antioksidan yang terkonsentrasi selama proses pengeringan. Namun, jumlah resveratrol telah terbukti lebih rendah dalam beberapa tes. Hal ini bisa disebabkan oleh fakta bahwa resveratrol hancur selama proses pengeringan atau karena anggur kering berwarna hijau.

Dalam rangka untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kismis, pertimbangkan untuk membeli kismis berwarna gelap.

Jus anggur

Jus anggur adalah pilihan buruk lainnya jika berbicara tentang kepadatan energi. Jus tanpa gula hanya memiliki 62 kalori per cangkir namun semua serat yang mengenyangkan telah dihapus.

Di sisi positif, jus anggur mempertahankan flavonoid yang bermanfaat dan antioksidan, termasuk resveratrol. Hati-hati, beberapa jus anggur sarat dengan gula yang tidak sehat. Carilah jus anggur murni dan bacalah label dengan hati-hati.

Anggur Beku

Anggur beku hanya mengandung sejumlah kecil resveratrol namun mempertahankan zat sehat lainnya dan antioksidan. Anggur beku memiliki rasa yang lebih manis dari buah anggur segar. Anggur beku adalah pengganti yang hebat untuk es krim dengan sekitar 100 kalori per cangkir.

Kesimpulan:
Buah kecil yang hebat ini dapat menjaga jantung anda berdetak dengan kuat, menurunkan tekanan darah anda, melindungi anda dari kanker dan masih banyak lagi. Jadi apakah buah anggur baik untuk anda? Daftar manfaat kesehatan diatas cenderung bertambah seiring para ilmuwan melanjutkan penelitian mereka untuk mengetahui lebih lanjut tentang buah anggur.

Sementara itu, anda dapat menikmati kelezatan buah anggur setiap hari dalam bentuk buah anggur segar, kismis, jus anggur murni, atau anggur beku.



Source link

Posting Komentar

 
Top