0

Bisnis online merupakan solusi ideal bagi siapa saja yang ingin berwirausaha atau memiliki usaha sendiri namun masih berstatus sebagai karyawan. Bisnis online merupakan bisnis yang paling mungkin menjadi sarana “pindah kuadrant” dari kelas employee menuju entrepreneur, atau minimal self employee (orang yang bekerja untuk diri sendiri). Faktanya masih banyak orang yang bingung bagaimana memulai bisnis online tersebut. Insya Allah atikel ini akan sedikit memberi petunjuk bagaiamana sesorang yang awam sekalipun dapat memulai bisnis online.

Modal Bisnis Online

Banyak orang percaya bahwa untuk memulai bisnis membutuhkan modal yang besar, investasi yang memadai, iklim usaha yang mendukung dan prasyarat lainnya. Namun hampir semua orang berharap bisa memulai usaha dengan modal seminim mungkin kalau perlu tanpa modal. Faktanya tidak ada bisnis yang “modal dengkul” setiap usaha yang kita lakukan membutuhkan capital untuk menjalankannya, tak terkecuali bisnis online. Namun perbedaanya bisnis online relative membutuhkan modal uang lebih sedikit dibandingkan dengan bisnis konvensional, ini kabar baiknya.
Anda tidak perlu khawatir bagaimana membayar sewa toko, bikin gerobak, atau apapun lainnya tetek bengek yang dibutuhkan saat memulai bisnis kovensional. Dalam bisnins online yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk belajar, rajin, tekun dan seditkit modal untuk biaya akses internet, dan modal lain seperlunya.
Praktis modal uang yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online hanyalah beberapa ribu rupiah saja seperti untuk kepeluan membeli domain, sewa hosting (inipun bisa menggunakan fasilitas gratisan), peralatan untuk online dan beberapa biaya untuk akses internet. Ini jauh lebih murah jika anda akan membuka usaha bakso misalnya, untuk membuat gerobaknya saja mungkin sudah menghabiskan modal 5 jutaan.
Dengan memiliki website anda bisa menjalankan bisnis anda selama 24 jam, tanpa membutuhkan kehadiran anda. Ini tentunya bisnis yang paling masuk akal jika saat ini anda juga masih bekerja sebagai karyawan. Anda hanya menyisihkan waktu 2-3 jam dalam sehari untuk mengurus bisnis online anda.
Kisah sukses bisnis online yang paling mungkin bisa kita tiru semisal kuelebaaran.com, manetvision.com, maduanak.com, presentasi.net dan masih banyak lagi yang lainnya. Saya sendiri memiliki 2 bisnis online yang Alhamdulillah terus berkembang dari hari ke hari yaitu SambalPetis.com dan skenario.net.
Untuk contoh-contoh diatas adalah bisnis online dengan model yang berbeda baik dari jenis produk maupun sumber penghasilannya. Sambal petis milik saya misalnya adalah bisnis berupa toko online yang menjual produk makanan lokal, konsepnya sama seperti kuelebaran.com. Sedangkan bisnis kedua saya skenario.net adalah jenis bisnis yang memenuhi kebutuhan pasar berupa informasi ilmu penulisan naskah skenario. Mengenai kedua jenis bisnis ini insya Allah akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.
Intinya untuk memulai bisnis online anda harus mengetahui dulu jenis-jenis bisnis di internet, macam-macam sumber penghasilannya kemudian yang terpeting anda putuskan bisnis apa yang akan anda garap. Gimana masih mikir-mikir untuk memulai bisnis online?
Salam Wirausaha!
Ben Sholeh

Posting Komentar

 
Top