0

manfaat lidah buaya

Popularitas lidah buaya berkembang dengan pesat seiring dengan banyaknya manfaat kesehatan yang dimiliki. Mulai dari kesehatan pencernaan, perawatan kulit, kesehatan jantung sampai sistem peredaran darah. Penelitan-penelitian pun telah banyak dilakukan untuk membuktikan manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan.

Sekilas Tentang Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya telah digunakan sebagai pengobatan tradisional di berbagai budaya selama ribuan tahun. Referensi dapat ditemukan di Yunani, Mesir, India, Meksiko, Jepang dan Cina.

Tanaman lidah buaya terlihat seperti kaktus, meskipun ada banyak variasi lidah buaya, yaitu sekitar 250 spesies. Aloe barbadensis atau aloe vera adalah spesies yang sedang kita bicarakan ketika dihubungkan dengan manfaat kesehatan.

Lidah buaya merupakan tanaman yang tumbuh di daerah panas dengan iklim kering dan curah hujan sedikit, seperti Afrika. Ini berarti bahwa jika anda tidak tinggal di negara dengan musim panas sepanjang tahun,, maka anda tidak akan menanam tanaman ini di luar.

Tanaman lidah buaya terdiri dari 95% air, namun justru bagian 5% inilah dimana keajaiban terjadi. Di dalam daun yang berdaging tebal adalah gel yang digunakan untuk menjebak air yang berfungsi memelihara tanaman selama musim kering. Gel ini juga memberikan manfaat kesehatan yang besar untuk manusia.

Saat ini, produksi dan pengolahan lidah buaya merupakan usaha skala besar di seluruh dunia. Mereka diproduksi di Australia, Amerika Selatan, Cina dan Afrika. Bahan dasar lidah buaya selanjutnya digunakan dalam makanan, minuman, industri farmasi dan kosmetik.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan

Jika anda menderita sembelit parah dan ingin sesuatu yang alami untuk mengobatinya, lidah buaya bisa menjadi pilihan yang baik. Mereka merupakan pencahar alami yang juga banyak ditemukan dalam banyak produk komersial.

Gel lidah buaya memiliki kandungan serat yang tinggi, karenanya mereka dapat meningkatkan pencernaan. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidak ada bukti bahwa lidah buaya bermanfaat pada pasien dengan IBS (irritable bowel syndrome).

2. Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian besar yang melibatkan 5000 pasien lebih dari 5 tahun menguji efek dari konsumsi lidah buaya pada sistem jantung. Pasien-pasien ini sebelumnya telah menderita angina, yaitu suatu jenis penyakit jantung. Setelah memperkenalkan lidah buaya dan suatu serat alami lain untuk diet mereka, efek pada jantung kemudian diukur.

Studi ini menyebutkan bahwa terjadi pengurangan frekuensi serangan angina secara bertahap pada pasien. Ini merupakan berita yang luar biasa! Mekanisme yang tepat untuk efek ini tidak diketahui secara pasti, namun diyakini sebagian besar disebabkan oleh kandungan serat dari kedua zat.

3. Menyembuhkan Jerawat

Lidah buaya bermanfaat baik secara eksternal (penggunaan luar) maupun internal. Sebuah studi pada 18 pasien dengan jerawat membandingkan efek pengobatan standar dengan pengobatan lidah buaya.

Setengah wajah dirawat dengan masing-masing pengobatan. Setelah 48 jam, perbaikan terlihat di sisi pengobatan lidah buaya. Penelitian mencatat terjadinya pengurangan pada peradangan serta kulit mengering pada hari keempat.

Ada penurunan dramatis dalam waktu penyembuhan. Pada hari kelima, kulit telah sembuh sekitar 90% pada sisi pengobatan lidah buaya dibandingkan 40-50% pada sisi pengobatan standar. Secara keseluruhan, penyembuhan 72 jam lebih cepat pada sisi lidah buaya. (Baca juga Panduan Lengkap Cara Menghilangkan Jerawat)

4. Mengatasi Psoriasis

Kondisi kulit lainnya yang bisa mendapatkan keuntungan dari keajaiban lidah buaya adalah psoriasis. Sebuah penelitian menguji efek krim lidah buaya versus plasebo pada penderita psoriasis ringan sampai sedang.

Pasien diterapkan krim tiga kali sehari selama empat minggu. Setelah perawatan selama dua belas bulan, hasilnya memperlihatkan angka kesembuhan pada kelompok lidah buaya mencapai 83% dan hanya 7% pada kelompok plasebo.

Tidak ada laporan mengenai kekambuhan penyakit bahkan setelah periode tindak lanjut.

5. Menurunkan Kolesterol

Pasien dengan profil kolesterol dan trigliserida yang buruk diberi asupan lidah buaya selama 12 minggu dalam satu penelitian. Penerapan diet sebelumnya telah gagal dalam kelompok ini.

Para peneliti menemukan bahwa total kolesterol menurun 15,4% dan 15,5%, trigliserida sebesar 25,2% dan 31,9% dalam dua kelompok yang menggunakan lidah buaya. (Baca Juga 15 Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami)

6. Menurunkan Gula Darah

Diabetes merupakan salah satu topik hangat dalam perawatan kesehatan saat ini. Fokus pembahasan terletak pada inovasi dalam obat farmasi untuk mengatasi apa yang disebut “epidemi” diabetes tipe II. Namun, lidah buaya bisa menyajikan alternatif alami.

Sebuah penelitian meneliti efek dari suplementasi lidah buaya pada 72 wanita penderita diabetes. Pengobatan dilakukan dengan hanya konsumsi satu sendok makan gel lidah buaya versus plasebo selama 42 hari.

Para peneliti menemukan bahwa kadar glukosa darah kemudian menurun dari 250 mg menjadi 141 mg pada kelompok eksperimen, sementara kelompok plasebo tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

Ini merupakan berita yang menjanjikan, namun jika anda sedang menggunakan obat resep diabetes, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda jika ingin mengkonsumsi gel lidah buaya, sebab gula darah anda bisa drop terlalu rendah!

7. Meningkatkan Asupan Vitamin & Mineral

Menambahkan produk lidah buaya ke dalam diet anda dapat meningkatkan asupan vitamin dan mineral.

Berikut adalah daftar beberapa nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya:

  • B-12: membantu membuat DNA, memelihara darah dan sel saraf
  • Asam folat: terlibat dalam pembentukan sel-sel baru dan mencegah cacat lahir selama kehamilan.
  • Kolin: terlibat dalam proses sinyal saraf
  • Vitamin A, C dan E: memiliki kemampuan antioksidan


8. Menyembuhkan Luka

Jika anda pernah ke apotek setempat, anda mungkin pernah melihat sebuah gel lidah buaya untuk mengobati luka pada kulit, khususnya luka bakar. Disebutkan bahwa lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka.

Lidah buaya tampaknya melakukan hal ini dengan meningkatkan sirkulasi darah ke area yang rusak dan menghentikan kematian sel di sekitar luka. Sensasi pendinginan gel juga akan memberikan beberapa bantuan fisik.

9. Antibakteri

Sebuah penelitian menguji kemampuan lidah buaya untuk melawan bakteri yang kuat seperti S. aureus, S. pyogenes, P. aeruginosa dan E. coli. Ekstrak tanaman lidah buaya menekan pertumbuhan bakteri dalam tiga kasus.

Peneliti menghubungkan efek antibakteri lidah buaya ini dengan senyawa tanaman tertentu yang terkandung di dalamnya seperti antrakuinon dan dihhydroxyanthraquinones serta saponin.

10. Antiplak

Anda dapat menambahkan perawatan mulut ke dalam daftar manfaat lidah buaya. Dalam sebuah penelitian yang membandingkan obat kumur lidah buaya dengan obat kumur konvensional yang mengandung chlorhexidine, lidah buaya terbukti sama efektifnya sebagai antiseptik.

Para peneliti menemukan bahwa terdapat penurunan yang signifikan dalam plak pada kelompok lidah buaya dan kelompok chlorhexidine, namun tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik di antara mereka. Disebutkan juga dalam penelitian bahwa obat kumur lidah buaya tidak menunjukkan efek samping.

Cara Menggunakan Lidah Buaya

Jadi, setelah membaca semua hal diatas, anda tentu saja ingin mendapatkan manfaat dari lidah buaya. Bagaimana anda menggunakannya tergantung pada manfaat yang ingin anda dapatkan. Untuk masalah kulit, anda jelas perlu menerapkannya secara topikal, sedangkan untuk manfaat internal anda dapat mengkonsumsinya dalam berbagai ramuan. Berikut adalah beberapa cara favorit untuk menggunakan lidah buaya:

• Mengoleskan pada kulit anda

Jika anda memiliki tanaman lidah buaya di pekarangan anda, cukup patahkan daun lidah buaya dan terapkan gelnya untuk luka anda.

Jika anda tidak memilikinya, anda dapat membeli gelnya dan melakukan hal yang sama.

• Memakannya

Jika anda ingin mendapatkan manfaat internal, anda dapat menemukan banyak resep online menggunakan daun lidah buaya sebagai bahan dasar. Ingatlah untuk berhati-hati dengan getahnya, bagaimanapun tetap hindari menggunakan seluruh daun lidah buaya.

• Meminumnya

Mungkin cara termudah untuk mendapatkan manfaat lidah buaya secara internal adalah dengan menambahkan gel segar untuk dibuat smoothie atau jus. Anda juga dapat membeli jus lidah buaya, namun hati-hati dengan kandungan gulanya.

Sedikit Perhatian

Jika anda memiliki kondisi kesehatan atau sedang menggunakan obat-obatan resep, terutama obat diabetes, diuretik atau pengencer darah, anda harus mengkonsultasikan dengan dokter anda sebelum menggunakan lidah buaya karena dapat menimbulkan interaksi. Jika anda sedang hamil atau menyusui, lidah buaya juga tidak aman.

Lidah buaya jika diterapkan secara topikal pada umumnya adalah aman. Beberapa orang mungkin dapat mengalami reaksi alergi atau gatal-gatal ringan. Jika ini terjadi, anda dapat dengan mudah berhenti menggunakan.

Penelitian terhadap lidah buaya terus dilakukan dan diyakini temuan-temuan terkait manfaat lidah buaya akan terus ditemukan dalam waktu-waktu mendatang.



Source link

Posting Komentar

 
Top